Tak Berkategori

Tips Menjadi Mahasiswa Syar’i

Pada medio 25-29 April 2016 kemarin gw selama itu merasakan dunia mahasiswa, jadi anak kos dan hidup di lingkungan mereka. Ngga lupa gwe juga melakukan penelitian kecil2an dan seadanya tentang tips2 menjadi mahasiswa (khususnya di kota), berikut beberapa tips nya :

  • Jaga Iman dan taqwa

Coz dunia mahasiswa itu bebas pake banget, mba2 mahasiswa jg cantik2… hehehe, mau yang model apa ada. Ada yang penampilannya plagiat artis bgt (tapi sayangnya gagal), yang berhijab (namun jilboop), berhijab yang bener (itu bisa jd alternatif), yang tomboy, awut2 an (biasanya anak2 eksak), yang suka make pakean adeknya, pake baju (ma’af ntrawang) dan spesies2 lainnya.

Caranya : jaga sholat 5 waktu, baca Al-Qur’an dan satu : Ingat MATI.

  • Jaga prinsip hidupmu

destiny-road

Kampus itu ibarat hutan tropis, di sana hidup berbagai macam manusia dengan paham yang beda-beda. ada yang sayap kanan, sayap kiri, radikalis, sosialisme bahkan atheisme. So, kalau kita ngga bisa pegang prinsip udah deh kita ibarat sampan di tenag atlantik, teromabng-ambing. Pulang2 mungkin kita ngga mau ikut upacara bendera dengan alasan itu kafir, ikut2 an aliran termodis dsb.

  • Hafalkan istilah-istilah modern

Dalam dunia mahasiswa istilah modern dan bahasa asing sudah menjadi lauk pauk setiap har. E.g mau ngomong es nya meleleh, karena yang ngomong mahasiswa maka ngomongnya gini “es nya melting tuh…”. So hafalin tuh istilah2 kontemporer atau bahasa intelek. “yg penting ngomognya keren, arti belakangan… hahaha”

  • Beli ponsel terbaru
window_phone2
Mungkin ini terlalu canggih yah?

Selama aku di sana (salah satu universitas terkenal di Jabodetabek) di setiap sudut pasti ada mahasiswa yang lagi maen gadged canggih, bahkan pas di bis kampus, dari sekitar 40 penumpang ada sekitar 30 orang yang ketika di bus maennya ponsel canggih, 5 nya bengong (itu aku dan teman2 wkwkwk), dan 4 orang tidur dan satu orang baca buku. WOW,,, data yang mencengangkan yah?, kan ngga lucu pas kita kuliah nanti ditanya pin… eh kita ngasihnya pin ATM, bukan hanya tabungan kita yang nantinya terancam, harga diri kita juga menjadi taruhan.. so, dari sekarang (bagi sobat yang masih kelas 2 atau 1) nabung buat beli gadged termutakhir… biar bisa jwb kalo ditanya pin nya, bagi yang udah lulus ngemis2 aja sama bapak, ibu, om, tante, tetangga, tukang bakso yang kebetulan lewat, ikut undian berhadiah, bisnis online, apa ja deh.. yang penting HALAL.

  • Luruskan Niat

Niat merupakan esensi dari segala sesuatu, perbuatan baik tapi niatnya jelek… tetep aja jadi jelek. Inget orang tua yang udah mbanting tulang agar kamu bisa kuliah!.

  • Pilih prodi yang tepat.

Jangan gengsi!, misalnya karena kedokteran itu bergengsi jadi u harus masuk kedokteran padahal bakat u di perikanan. Karena kedokteran itu lebih superior dari perikanan u jadi milihnya kedokteran, padahal ngliat jarum suntik aja pingsan (kaya gue).

  • Jaga penampilan

Jangan sampe loe kuliah dan penampilanmu awut2 an, kecuali muka mu muka tembok y gk papa,, kamu harus update masalah penampilan. Tapi tetep harus memperhatikan etika dan satu lagi, jangan jadi korban iklan!.

Sekian hasil penelitian “karepe dewek” ku, smg membantu buat kalian2 yang mau kuliah…

Good Luck !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *